.

Cara memperbaiki lampu rem yang tidak mau mati

Written by on ,
Cara memperbaiki lampu rem yang tidak mau mati - otoman. Pernahkah rekan pembaca mengalami lampu rem mobil atau motor nyala terus, tidak bisa mati. Iya lampu rem nyala terus walaupun saat pedal atau tuas rem tidak sedang ditekan. Kondisi ini tentunya harus segera ditangani karena lampu rem itu sangat vital, karena memberikan informasi kepada pengendara di belakangnya apakah mobil atau motor anda akan berhenti. Jadi kerusakan atau ketidakfungsian lampu rem harus ditangani dengan segera. Bila tidak maka bisa terjadi salah persepsi, mobil atau motor jalan kok lampu nyala terus, dikira mau belok atau apa?




Mengecek lampu mobil atau motor yang nyala terus sejatinya dapat dilakukan sendiri dulu, yaitu pengecekan tahap awal yang ringan dan memungkinkan saja. Paling mudah adalah mengecek bagian switching lampu rem. Switching lampu rem fungsinya mengontrol nyala matinya lampu rem, biasanya terletak di dekat pedal rem. Bila motor maka letaknya biasnya di dekat sumbu pedal rem menempel pada rangka motor, Untuk rem jenis hand rem seperti rem depan pada motor atau rem motor matic maka letaknya di dekat tuas rem. Sedang pada mobil letaknya ada di atas pedal rem, letak persisnya agak tersembunya ke dalam, jadi untuk mengeceknya mesti melongok ke bawah stir.



Pengalaman saya membetulkan lampu mobil sedan yang menyala terus itu saya longok bagian kolong dibawah stir, saya temukan switching lampu rem, lalu saya coba teliti, ternyata ada bagian karet penahan yang lepas, dimana karet penahan ini fungsinya menjaga agar lampu hanya ON pada saat ada tarikan dari pedal rem. Karena karet penahannya lepas maka lampu jadinya menyala terus. Saya pikir kerusakan seperti ini bisa diperbaiki, jadi saya siapkan karet pengganti dengan bentuk yang sama dengan karet penahan aslinya, setelah saya bentuk persis lalu saya pasangkan. Cukup mudah memasangnya yang sulit adalah posisi saya harus bermanuver karena letaknya dibawah stir. Untuk menempelkan pada posisi awalnya saya gunakan lem seperti alteco, merekat kuat pada bagian dudukannya. Setelah selesai saya tunggu sampai lem menjadi kering, dan ketika saya cek ternyata sudah bisa berfungsi normal lagi yaitu lampu rem akan nyala hanya pada saat pedal rem ditekan. Demikian sharing saya semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

.